Friday 15 May 2009

hello everybody, udah seminggu terlewati dari IGCSE ini, dan masih tersisa sekitar 3 minggu lagi selesai. heeem banyak pembaca yg nanya 'IGCSE itu apayaa?' hahaha itu adalah International General Certificate of Secondary Education, atau bisa dibilang ini ujian sekolah international gitu. yaa kan berhubung gua sekolah di SMAN 78 Jakarta tapi yg kelas inter, jadi kita harus ikut ini tapi kita ga ikut UAS dari sekolahan dan soalnya langsung dari UK sono. ini ujian lamanya sebulan gitu, tapi nggak full bener bener sebulan tiap hari. ada jeda beberapa hari dan jeda itu libur haha asik kan, tapi kita suka ada tutorial (bahasa bulenya dari pemantapan) nah kalo ada tutor itu kita kaga libur tapi masuk buat belajar mata pelajaran apa yg mau diujikan dalam dekat dekat itu. jadi bisa juga dibilang ini ujian kaya UAN, soalnya kita bisa abis selesai ujian ini kan dapet noh sertifikatnya, kita bisa kuliah. tapi cuma kuliah international di Indonesia gitu, tapi gabisa bener bener langsung belajar kuliah masih harus belajar buat A level dan belajarnya masih kurikulum SMA kelas 2 gitu tapi model anak kuliahan. naaah A level ini sejenis IGCSE gua sekarang, cuma ini adanya ntar pas kelas 2. kalo A level ini abis kita lulus, dapet kan tuh sertifikatnya, bisa daftar di Universitas International di Indonesia macem UI International, Binus International, dan lain lain, atau kita bisa kuliah diluar negri. bisa dibilang gua sekolah disini bakalan ngerasain kaya UAN tiap taun hahahahahaha asoy -.- makanya gua kan kepingin lah ya someday nanti gua bisa go abroad, belajar dinegara bule sono. oya IGCSE sekolah gua ini dari Cambridge, bukannya mau promosi tapi sertifikat IGCSE yg diakui di dunia (katanya) sih cuma dari Cambridge. tapi gua rasa itu bener, soalnya ada juga orang yg sekolahnya inter tapi IGCSE nya bukan dari Cambridge, gabisa buat apply kuliah diluar negri. atau kalo lu mau detailnya buka aja
http://www.cie.org.uk/qualifications/academic/middlesec/igcse/overview

okaaay lanjut ke cerita gua selama seminggu ini. kerjaan gua pokoknya tiap hari bener bener belajar, pulang sekolah online bentar terus belajar sampe malem. aih gila lumayan stres sih gua, tapi gua bikin gua ga terlalu stres dengan cara belajar sambil dengerin lagu. emang sih biasanya gua ga masuk kalo sambil dengerin lagu, tapi ya volumenya kecil banget. soalnya gua kalo belajar sampe malem sendirian dikamar gitu suka takut gua hahahaha biar rame nyetel lagu, jadi gua ga terlalu tertekan. soalnya ntar malah sakit kaya dulu UAN (curhat flashback) tapi alhamdulillah selama seminggu ini gua nggak ada gangguan apa apa.

hari pertama IGCSE, hari selasa mata pelajarannya fisika. nyoe dah gua lumayan bisa tuh. alhamdulillah apa yg udah gua pelajarain keluar hehe, tapi ini baru yg paper 6 tentang alternative to practical. yaaa kaya menganalisa practical gitu tapi ga practical, cuma dikasih soal gitu disuruh observe gitu deh disoalnya. oya IGCSE ini mata pelajarannya IPA Matematika sama Bahsa Inggris, karena sekolah gua kalo daftar inter itu langsung masuk IPA jadi IGCSE nya meliputi semua IPA. dan satu pelajaran ga cuma sekali diuji, bisa sampe 3 kali dengan jenis soal yg berbeda dan essay. tapi ada juga sih pilihan gandanya haha. terus lanjut hari kedua yaitu Matematika, lumayan juga dan yg pasti ini lebih mending daripada fisikanya hahaha. cuma pas yg soal matrix terakhir itu gua blank sama sekali, juga soal sudut yg nyari sudut DAC itu astagfirullah -.- heem lalu besoknya gua kimia, dan ini PARAH BANGET. gua udah hopeless bener bener, dapet E aja udah sukur bener daaah. haha tapi ya gua tetep belajar dan bener aja waktu ujiannya gua bener bener blank, gua isi aja yg gua kira kira tau atau nggak yg gua bisa ngaco jawabnya haha kalo gua kosongin itu berarti bener bener kaga tau mau nulis apa lagi. oya omong omong nilai, nilai IGCSE ini cukup fair loh. jadi kalo dapet C jangan sedih dulu, itu kalo lu pada disekolah yg dari pemerintah C nya Cambridge sama kaya B nya pemerintah. makanya gua dapet E udah sukur tuh haha toh kan ga lulus kalo nilainya G apa U gitu. grade nilainya A B C D E F G U, yg paling asoy ya A* (baca=A star) atau sama dengan nilai 100! wow perfect ya, nangis sampe 100000000000 liter gua kalo kimia dapet segitu, jungkir balik gua hahahahahaha lebay. udah deh ujian yg terakhir dari minggu ini adalah tadi, ESL (English for Second Language) . yaaah lumayan lah, ga susah banget tapi juga ga gampang. untung dah waktunya 2 jam, tadinya malah gua kira kurang soalnya gua kalo urusan menulis tuh lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget haha.

udah deh, nyampe rumah gua agak sore dengan keadaan lapar haha untung ada martabak tadi dibeliin ibu, masih anget gitu nyem. mandi dan blablablablabla sampe akhirnya maghrib tiba dan tidak lama sahabat gua yg sekarang jerawatan itu haha juga pacar dari seorang sahabat baru gua di SMA ini, siapa lagi kalo bukan Mr. Widyasyudi Hadian Kartadibrata atau yg akrab gua sapa Dudy. dateng dia kerumah gua nganter tas pesenan gua sama beberapa anak monyet juga penghuni kelas gua, sebut saja Mutia Nabol Cigi Yeci Hana Gita Erino dan Ira. semuanya dianter kecuali punya Erino haha belom jadi soalnya. Dudy dirumah gua kita ngobrol, ketawa, ngalay, nonton sinetron -.- , otp sama Mutia ahahahaha, belajar biologi dan tentu saja foto. berhubung gua lagi males upload, jadi gua putuskan buat ga upload sekarang. ntaran aja kalo mau upload foto foto yg lain hahaha. lumayan lama dia disini, jam setengah 10an baru pulang. oya omong omong, kacamata gua gagang yg sebelah kiri lepas hahaha sekrupnya ilang jadi gabisa dipasang. kecuali pake sesuatu buat nahan pengganti sekrup itu. jadi sementara gua makenya cuma sebelah gagang gitu, kaya orang dongo -.-

huaaaaaaaaaaaaahem besok ada tutor Matematika lagi uhuhuhuhuhu males tapi harus haha untung dianter ibu kaga naik bis. kalo naik bis gua berangkat lebih pagi soalnya, males bangunnya aaaaaaaaaaaaaaaaaaaah haha. heem besok pake baju apa ya? Beatles aja kali ya hehehe
goodnight everybody! :-3

No comments: